Rabu, 17 Juni 2009

Buku MINYAK IKAN (Teknologi dan Penerapannya untuk Pangan dan Kesehatan) - Graha Ilmu - Yogyakarta

Perkembangan ilmu dan teknologi menyebabkan pergeseran paradigma konsumsi minyak ikan dari sebagai penyedia vitamin A dan D menjadi sumber asam lemak omega-3. Hasil-hasil riset menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 berperan dalam mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan inflamasi; serta berpengaruh positif terhadap metabolisme tubuh termasuk perkembangan otak dan retina. Hal ini yang mendorong para praktisi industri pangan dan farmasi untuk menformulasikan produk mengandung asam lemak omega-3 dengan berbasis minyak ikan, sehingga teknologi pengolahan minyak ikan menjadi berkembang pesat.

Buku ini menyajikan berbagai aspek berkaitan dengan pengolahan minyak ikan terutama sebagai sumber asam lemak omega-3, meliputi komposisi, produksi dan pemurnian minyak ikan, teknik konsentrasi asam lemak omega-3, stabilisasi minyak ikan melalui proses mikroenkapsulasi, strukturisasi lipid sehingga mengandung asam lemak omega-3 dari minyak ikan, dan proses formulasi minyak ikan pada produk pangan untuk mendapatkan pangan fungsional mengandung asam lemak omega-3. Peran minyak ikan bagi kesehatan diulas secara mendalam sehingga pembenaran konsumsi dan pengggunaan minyak ikan untuk produk pangan, farmasi, dan kesehatan didukung oleh argumentasi ilmiah yang kuat.

Sebagian besar buku ini merujuk pada berbagai hasil-hasil penelitian terkini terkait minyak ikan yang disajikan secara runtut dengan bahasa yang lugas sehingga mudah dipahami.

Buku ini ditujukan sebagai acuan untuk memperkaya khasanah dan wawasan terutama bagi mahasiswa program studi ilmu dan teknologi pangan, teknologi hasil pertanian, teknologi hasil perikanan, teknik kimia, farmasi, gizi, serta disiplin ilmu lain yang relevan. Buku ini juga dapat dijadikan referensi bagi para praktisi industri pangan, farmasi, dan produk kesehatan, terutama bagi industri yang menformulasikan atau mengembangkan produk mengandung asam lemak omega-3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar